sejarah
Hari ini Selasa tanggal 21 November: pada tahun 1694 Voltaire, filosof Perancis lahir
HALAMAN UTAMA
HUBUNGI KAMI
ENGLISH VERS.
MINANG KABAU
BUKU TAMU
BAGALANGGANG
BANGUN NAGARI
  • Lhk Tnh Data[16-76]
  • Lhk Agam[4-73]
  • Lhk 50 Koto[9-76]
  • Pasaman[0-30]
  • Pasaman Brt[2-19]
  • Pesisir Sltn[0-36]
  • Sijunjuang[1-45]
  • Dharmasraya[0-21]
  • Solok[0-75]
  • Solok Selatan[0-13]
  • Pdg Pariaman[0-46]
  • Kt Bukit Tinggi[0-5]
  • Kt Padang[0-22]
  • Kt Pdg Panjang[0-4]
  • Kt Payakumbuh[0-7]
  • Kt Pariaman[0-9]
  • Kt Swh Lunto[0-14]
  • Kt Solok[0-1]
  • Surat Gubernur
  • PESAN ADMIN
    1. Untuk menindaklanjuti surat Gubernur kepada Rektor Perguruan Tinggi ttg. pembangunan nagari-nagari saiber, dan sesuai dengan kesepakatan masyarakat SB untuk 'Baliak ba nagari, kambali ba Surau' maka kini saatnya Generasi Muda mengambil peran

    2. Webmaster-Admin (73 th.) bersedia memberi petunjuk gratis cara pembuatan situs semacam itu kepada anak-kemenakan/mahasiswa.

    2. Praktekkan ilmu yang telah Anda pelajari di sekolah-sekolah khususnya ilmu Komputer/komunikasi

    3. Waktu bagi anak-anak muda, tak boleh dibuang percuma hanya karena 'sedang gilo maliek baruak barayun' di panggung-panggung hiburan, di televisi dan di mal-mal.

  • Calon Promotor
  • Masalah Besar I
  • Masalah Besar II
  • Malu indak dibagi
  • Asalnya Masalah
  • Agenda Kita
  • Nan Berprestasi

  • Batuka pandapek dgn urang nan didahulukan salangkah, ditinggikan sarantiang:

  • Gubernur SB: Waktu dalam konfirmasi !

  • L.K.A.A.M - S.B
    Minggu pertama, malam pk. 20.00 - 22.00 setiap bulan atau konfirmasi ke: 0812 661 6986

  • Ketua DPRD Sumbar: Waktu dlm konfirmasi !
  • Bakirim email unt. Mamak:
  • di LKAAM
  • di DPRD
  • di DPD

  • GURITIAK dari PALANTA MAK SATI
  • PRRI di Nagari Sulik Aie - 995819
  • Tiga Peristiwa Tragis di nagari Batipuah - 1054071
  • PRRI di nagari Tabek Sw. Tangah - 1064827
  • Para pemuda Talang dilepas menuju front Juang - 1125664
  • Tugu untuk mengingat PRRI di nagari Muaro Paneh - 1302742
  • 17 orang pemuda Sitalang berangkat ke Silapiang menjadi pejuang PRRI - 1526730
  • Nagari sebagai Unit Kesatuan Keamanan dan Pertahanan - 1429752
  • Nagari sebagai Unit Kesatuan Ekonomi - 1437064
  • P.R.R.I di nagari Rao Rao: Pendidikan di saat perang - 1559084
  • PRRI dalam Pergolakan Daerah th. 1950-an - 1440634
    Lihat Judul-judul Guritiak lainnya

  • Sabai & Mangkutak & JilaAtang di jaman Digital (Wisran Hadi)

  • Orang Minang
  • Paham di nan Duo
  • Cupak nan Duo
  • Alexander the Great
  • Takana jo kawan!
  • Penyumbang situs
  • Toko Buku UNP
  • Unduh yg Diperlukan

  • PRRI di Kt. Anau
  • PRRI di Simarasok
  • Menjaga M. Natsir
    di Rimba Masang
  • Telah dibaca oleh: 110860 orang.

    Nagari dan Teori Fisika Kuantum

    Dikarang oleh : Admin

    Ringkasan artikel (2009): DR. Saafroedin Bahar, 74 th.

    .......Nampak dek ambo -- antaro lain -- karano adat matrilineal urang Minang dikaikkan jo bidang pertanian sajo, dan dilimbagokan dalam harato pusako tinggi sarato jo sistem waris mawaris dan silang sangketo nan takaik jo itu.

    Karano katurunan samakin banyak sadangkan tanah sagitu ka sagitu juo, mako makin batambah tahun makin batambah silang sangkeko.

    .......Nan khusus adolah urang Yahudi, walaupun manganuik adat matrilineal sarupo urang awak, tapi sabana kuaik persaudaraannyo, walaupun alah batebaran di saluruah muko bumi.
    Baa mako baitu ? Iko paralu kito palajari.
    Nampaknyo di urang Yahudi indak baitu.

    Bukan tanah dan harato pusako tinggi nan mereka pentingkan, tapi kualitas sumber daya manusianyo.
    Mereka mamiliah karier dalam bidang industri dan perdagangan, keuangan dan perbankan, sarato musik, media massa, filsafat, ilmu pengetahuan dan teknologi.
    Salamo ko jarang mereka nan bergerak di bidang pertanian nan baru mereka tangani sasudah tabantuak negara Israel dalam tahun 1948.

    Kito diaja untuak bapikia dalam ukuran mikro, saparati dapek diliek dalam pepatah 'Adat salingka nagari'.
    Pangalaman ambo 'baminang-minang' sajak tahun 1966 -- 43 tahun -- sabana susah bana mampasatukan urang awak ko.
    Hampia samo jo susahnyo mampasatukan urang Arab.
    Kalau ado urang awak ko maju dalam karier, biasonyo adolah karano usaho surang-surang, indak ado bantuan terstruktur dari urang Minang lainnyo.
    Baru kalau alah berhasil, rami-rami kito mangatokan: 'inyo tu urang awak mah'.
    Baa kalau gagal ? Sampai rangik indak ado nan kamanyapo doh, baitu bana kaadaannyo.

    Jadi baa lai ? Manuruik pandapek ambo, salamo kito alah pueh diri jo 'adaik lamo pusako usang' sajo, indak amuah maadokan kaji ulang dima posisi kito dalam abaik ka 21 nan sabana kancang parubahannyo dek ilmu pengetahuan jo teknologi, dan indak amuah pulo mambuek tarobosan dari kabuntuan nan ado salamo ko, jan bamimpi bisa masuak jadi elite Indonesia ko jo kakuatan sandiri.

    Kalau maju surang-surang tantu bisa, dan alah banyak dilakukan dek urang awak.

    Ringkasan komentar dari: DR. Ricky Avenzora, 45 th.

    1. .....

    2. Tanpa bermaksud "manantang matoari" ataupun "manggarami lauik", maka saya mohon ijin untuk ikut berpandangan ....yang nampaknya mencari titik-temu dengan esensi pandangan Bapak.

    Jika Bapak ijinkan,.... maka ada dua hal dari esensi tulisan Bpk ini yang ingin saya cari titik temunya, yaitu tentang bagaimana kita memaknai "adat salingka nagari" dan tentang bagaimana kita sebaiknya membedakan "adat" dan "perilaku orang/masyarakat dalam melaksanakan adat" (dlm pola bahasa saya selama ini sering saya sebut sebagai BIAS).

    Bagaimana kalau keberadaaan adat salingka nagari tersebut kita maknai sebagai berikut :

    a. Adat salingka nagari adalah menunjukkan heterogenitas yang sangat tinggi.
    Bukankah semua teori modern dewasa ini sangat MENGHARGAI HETEROGENITAS yang TINGGI?

    Mulai dari teori2 ilmu pasti (spt ekologi, lingkungan, hingga teori relativitas serta teori fisika kuantum) dan berbagai teori sosial-ekonomi......semua membuktikan bhw kondisi optimun terbaik serta termapan dari suatu sistem adalah ketika tercapai suatu heterogenitas elemen sistem dan fungsinya.

    Jika paradigma tersebut bisa kita terima, maka barangkali tugas kita saat ini adalah mencari jalan bersama untuk menjadikan potensi "social capital" berupa adat salingka nagari tersebut bisa menjadi motor utama dalam mencapai mimpi dan cita-cita bersama.

    Saya yakin bahwa konsep lokalitas adat salingka nagari adalah modal dasar yang sangat kuat untuk menjadi pondasi pembangunan yang luar biasa di ranah minang yang kita cintai.
    Saya membayangkan, ...ibarat sebuah rumah besar dengan tonggak pondasi yang begitu banyak adalah rumah yang sangat kuat dan tahan gempuran.
                        

    Apalagi jika saya mencoba membayangkan dalam konteks ilmu politik dan pertahanan negara yang Bpk sangat ahli di dalam nya.

    Catatan tambahan dari admin nagari.org:
    Dari beberapa jenis pilihan karier untuak anak nagari yang disebutkan oleh DR. Saafroedin Bahar di atas; mako nan paliang mungkin dikembangkan tanpa batas di salingka nagari masiang-masiang iolah karier di bidang ilmu pengetahuan dan tehnologi, sedangkan bidang industri (termasuk industri pariwisata) akan terkendala oleh budaya ba nagari.
    Pengalaman telah membuktikannya di masa lalu.




    Link dengan situs-situs Dialektika, Logika dan Sistematika serta Toko Buku.
    nan AMPEK I ||   anggt. DPR-DPRD ||   Syair Berhaji ||   RASO-PARESO ||   Kisah PRRI ||   PITARUAH AYAH ||
    Situs komunitas nagari.org mulai dibangun th. 2002, 2003 BPNK, 2005-v2, 2007-v3. All Right Reserved, Contact and Info : info@nagari.or.id
    This site support for MSIE 5.5+, Flash 5+, JavaScript, 800 x 600 px